Langsung ke konten utama

INFORMATIKA semester 3


Nama: Ahmad Zakariya Abubakar
No.absen:02
Klas:7K

1. MAN (Metropolitan Area Network)
adalah jenis jaringan komputer yang dapat mencakup area yang lebih luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dari semua jaringan komputer berjenis LAN.
2. Internet Broadband adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband. pengertian Broadband dalam arti harfiah, berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data.
3. HDLC ( High level Data Link Control ) adalah protokol untuk digunakan dengan WAN ( Wide Area Networks ) yang secara luas dapat mengatasi kerugian – kerugian yang ada pada protokol – protokol yang berorientasi karaktek seperti Bi-Synch, yaitu yang hanya dapat bekerja secara half-duplex ( pengiriman isyarat dua arah tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan ) dan penggunaan karaktek DLE untuk mendapatkan transparansi pesan.
4. LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware
dan software, yaitu sebagai berikut.
(1) Komponen fisik berupa Personal Computer (PC), Network Interface Card
(NIC), kabel, dan topologi jaringan.
(2) Komponen software berupa sistem operasi jaringan, network adapter driver,
dan protokol jaringan.
5. Dalam jaringan, Point-to-Point Protocol (PPP) adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan.

1.
2. Wi-Fi adalah istilah untuk teknologi jaringan tanpa kabel yang dikeluarkan oleh
Wi-Fi Alliance. Definisi Wi-Fi menurut Wi-Fi Alliance adalah semua produk WLAN

(Wireless Local Area Network) yang mengacu pada standard IEEE 802.11 (Institute
of Electrical and Electronics Engineers). Wi-Fi dikategorikan sebagai jaringan tanpa
kabel yang menggunakan gelombangan elektromagnetik frekuensi tinggi untuk
mengirimkan data. Gelombang yang umum digunakan di Indonesia berada pada
frekuensi 2,4 GHz, dan 5,6 GHz. Kelemahan akses internet melalui Wi-Fi adalah
tidak stabil karena media yang digunakan berupa gelombang elektromagnetik yang
rentan terhadap cuaca. Perangkat kerasnya adalah PDA, laptop, atau notebook yang
dilengkapi Wi-Fi card.
3. 1. Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang memiliki layanan internet.
2. Perangkat komputer standar yang dilengkapi dengan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya yang mendukung akses internet.
3. Menggunakan modem khusus yang dirancang untuk Tv kabel.
4. Ethernet card.
4.)Untuk bisa bergabung dengan internet, kita harus mempunyai akses dengan cara berlangganan ke penyedia jasa internet (Internet Service Provider).
5.)WWW adalah kumpulan sumber daya internet (seperti FTP, telnet, Usenet), teks hyperlink, file audio, dan video, dan situs jarak jauh yang dapat diakses dan dicari oleh browser berdasarkan standar seperti HTTP dan TCP / IP.
PH bab 1
PH bab 1 hal 18
1. D
2. B
3. B
4. C
5. C
6. D
7. B
8. B
9. A
10. B
11. A
12. B
13. A
14. C
15. A
16. D
17. C
18. D
19. D
20. A
Rom 2
1. Cakupan wilayah jaringan lebih luas. Mempermudah dalam hala berbisnis. Keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.
2. Internet adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.
3. Internet kabel menggunakan media kabel koaksial sebagai media aksesnya.
4. Karena jarak rumah ke rumah sangat dekat.
5. Sebagai komponen dasar dari jarigan LAN.
6. Awal dari konsep internet adalah client – server bedanya client – server hanya digunakan oleh sedikit orang sedangkan internet bisa digunakan semua orang.
7. Biaya operasional lebih mahal. Instalasi dari infrastuktur jaringan tidak mudah. Rumit untuk mengatasi saat jika trouble pada jaringan. Dapat menjadi target dari para cracker.
8. Karena di zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih sehingga mudah untuk digunakan.

9. Komputer server, client, LAN card, kabel penghubung, router, HUB dan switch, repeater, bridge, modem.
10. Karena kecepatan transfer lambat dan internet kecil.


Tugas Mandiri hal 32
1. Untuk memberi catatan pada diri sendiri apa arti dari kode – kode yang dituliskan.
2. Elemen for dan elemen IF.... ELSE.
3. Urutan langkah – langkah logis yang digunakan untuk memecahkan masalah.
4. Programmer adalah orang yang membuat progam dan prosesnya dinamakan pemrograman.
5. Berisikan langkah – langkah menyelesaikan suatu masalah.
Menggunakan bahasa yang hampir menyerupai bahasa pemograman. Tidak memiliki aturan baku yang mengikat dalam penulisan pseudocode.

Tugas Mandiri hal 36
1. Berlaku aturan umum dalam pembuatan variabel. Harus dilakukan inisialisasi. Pendeklarasian variabel dilakukan di dalam fungsi.
2. Sambungan pada lengan agar dapat dibengkokkan, diputar, maupun digeser.
3. Rentang nilai masing – masing. Int: -32.768 hingga 32.767, unsigned int: 0 hingga 65.535 .
4. Operator ini digunakan untuk melakukan operasi Exclusive 0R (OR). Adapun hasil dari operasi ini akan bernilai 1 (benar) jika salah satu operandnya (bukan keduanya) bernilai benar, selain itu akan menghasilkan angka 0 (salah).
5. Pergerakan/mekanisme (mechanical), tingkah laku (behavior), otomatisasi/controlling (programming).
PH bab 2.
1. D 11. D 
2. B 12. A
3. D 13. C
4. D 14. C
5. C 15. A
6. D 16. A
7. A 17. A
8. A 18. C
9. B 19. C     
10. D 20. D
Rom 2
1. Kontrol, motor servo, poros, potensiometer, roda gigi penggerak, penguat.
2. Mudah dalam pengontrolan. Mulai dari mW sampai MW. Berkecepatan tinggi, 1.000m- 10.000 rpm. Banyak macamnya. Akurasi tinggi. Torsi ideal untuk pergerakan. Efisiensi tinggi.
3. Variabel yang hanya dikenali oleh sebuah fungsi/prosedur saja.
4. Urutan langkah – langkah logis yang digunakan untuk memecahkan masalah.
5. Kata kunci/kode fungsi untuk melaksanakan atau mengeksekusi perintah dari program yang dibuat secara berulang dan berjalan terus menerus selama board arduino aktif.
6. Kata kunci atau kode fungsi yang hanya berjalan satu kali yaitu pada awal atau pertama kali program dijalankan.
7. Untuk mencegah terjadinya perpindahan gigi sebelum putaran antara gigi kecepatan dan clutch hub sama.
8. Dengan mengembangkan Quipt untuk mengontrol lengan robot yang bisa meniru gerakan manusia.
9. Mikrokontroler merupakan papan sirkuit berbasis AT mega328 dari arduino uno.
10. Tipe data static merupakan tipe data yang digunakan dalam proser pembuatan variabel.
PTS hal 41.
1.A
2.D
3.B
4.B
5.C
6.D
7.B
8.C
9.A
10.C
11.D
12.C
13.A
14.D
15.B
14.D
13.A
18.C
19.C
20.C
21.B
22.A
23.C
24.A
25.C
26.D
27.B
28.B
29.C
30.C

1. Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti dua (ambigu). Algoritma memiliki nol atau lebih masukan (input). Algoritma memiliki memiliki nol atau lebih keluaran (output). Algoritma harus sangkil (efektif).
2. Meringankan pekerjaan manusia. Pemanfaatan teknologi.
3. Sebuah motor DC dengan sistem umpan balik tertutup dimana posisi  rotor-nya akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada didalam motor servo.
4. Sebagai sensor yang akan memberikan sinyal umpan balik ke sistem kontrol untuk menentukan posisi targetnya.
5. Meningkatkan produktivitas. Cepat dan sederhana. Fleksibel. Mengurangi biaya investasi. Skalabilitas. Mobilitas tinggi. Kecepatan instalasi.
6. Mengakses internet melalui hotspot. Mengakses internet secara instan. Mengakses internet melalui fasilitas GPRS.
7. Jaringan lokal hanya mencakup wilayah yang lebih kecil daripada jaringan broadcast.
8. Digunakan dalam protokol bluecore serial untuk komunikasi antara modul bluetooth dan komputer host.
9. Jaringan komputer saling berkomunikasi tetapi sistem terdistribusi saling terhubung seperti satu komputer.
10. Pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari wiring platfrom, dirancang untukmemudahkan pengguna elektronik dalam berbagai bidang.
Tugas Mandiri bab 3 hal 52.
1. Perangkat keras komputer untuk menyimpan data sementara.
2. Bagian - bagian komputer yang merupakan bagian - bagian komputer.
3. Input Device, Prosesor, Memori, Output Device.
4. Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog.
5. Komputer generasi pertama (1946 - 1959), komputer generasi kedua (1959 - 1965), komputer generasi ketiga (1965 - 1971), komputer generasi keempat (1971 - sekarang), komputer generasi kelima (sekarang - masa depan).


Tugas Mandiri bab 3 hal 56.
1. Karena media sosial dapat menghubungkan kita dengan orang lain sehingga muncul keterbukaan.
2. Partisipasi pengguna, adanya keterbukaan, perbincangan, keterhubungan.
3. Media sosial memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memberikan komentar, melakukan voting, berbagi, dan lain - lain.
4. Melalui media sosial, para penggunanya dapat terhubung dengan pengguna lainnya melalui fasilitas tautan (links) dan sumber informasi lainnya.
5. Media sosial memberikan peluang adanya interaksi terhadap suatu konten dalam bentuk reaksi ataupun perbincangan antar penggunanya.
PH bab 3 hal 57.
1. D 11. C
2. D 12. B
3. A 13. D
4. B 14. A
5. B 15. C
6. B 16. A
7. C 17. C
8. D 18. A
9. D 19. D
10.C 20. E
Rom 2
1.Slot PCIe x1, Slot CPU, Slot PCIe x16, Slot Fan Headers, Slot Serial ATA (SATA), Slot ATX Power, Slot PCI, Slot USB.
2.Facebook, google plus, instagram, pinterest, twitter, whatsapp, youtube, dll.
3.Untuk menyimpan data sementara.
4.Ide awal dari situs social bookmark adalah sebagai wadah bagi para pengguna internet untuk menyimpan alamat website yang mereka sukai.
5.Penemuan pentingnya adalah transistor, transistor dapat menggantikan tabung hampa udara yang membuat komputer generasi ini lebih kecil dari generasi pertama.
6.Penggunaan yang berulang - ulang terhadap informasi tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri, mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi, informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalan berbagai bentuk, dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.
7.Mempererat silaturahmi, menambah wawasan dan pengetahuan, mengakrabkan hubungan pertemanan, menyediakan informasi yang tepat dan akuarat, menyediakan ruang untuk berpesan positif.
8.CPU, RAM, hard disk, mouse, keyboard, tablet, monitor, speaker, plotter, proyektor, printer.
9.Kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun dengan dasar web 2.0 yang memberi peluang terjadinya penciptaan dan pertukaran dari user generated content.
10.Untuk mengontrol mesin - mesin produksi dengan ketepatan tingi sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logan yang bervariasi dan dibayangkan sulitnya jika dikerjakan secara manual.

1. C 11. C 21. B
2. A 12. B 22. D
3. C 13. C 23. C
4. A 14. B 24. D
5. A 15. C 25. D
6. B 16. A 26. B
7. B 17. B 27. A
8. C 18. A 28. C
9. A 19. A 29. B
10.A20. D 30. A
1.Mengakses jaringan ke LANGIT yang merupakan jaringan dengan area jangkauan yang sangat kecil.
2.Internet bermula dari kegiatan penelitian yang di lakukan oleh departemen pertahanan amerika serikat padah tahun 1969 melalui proyek ARPA, program riset dari hasil penelitian tersebut dikenal dengan nama ARPAnet.Jaringan pertama yang di bangun menghubungkan 4 tempat yaitu UCLA,UCSB,University of Utah SRI.
3.Karena jaringan area jangkauannya yang kecil.
4.LAN daerah jangkauannya lebih kecil sedangkan WAN  daerah jangkauannya lebih luas.
5.Variabel lokal dan variabel global.
6.Dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
7.Terdapat dua macam mekanisme gerak
 yang dapat digunakan pada walker robot, yaitu metode tripod dan
 hexapod. Mekanisme tripod membutuhkan minimal tiga buah kaki dalam menumpu robot ketika sedang bergerak. Sebaliknya, mekanisme
 hexapod membutuhkan minimal empat buah kaki dalam menumpu robot ketika sedang bergerak.
8.Slot PCIe x1, Slot CPU, Slot PCIe x16, Slot Fan Headers, Slot Serial ATA (SATA), Slot ATX Power, Slot PCI, Slot USB.
9. Komputer generasi kelima dibangun berdasarkan teknologi kecerdasan buatan, dan masih dalam tahap pengembangan. Contoh teknologi yang sudah sering digunakan adalah teknologi pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor menjadi dasar dari kecerdasan buatan.
10.Sebuah perangkat lunak komputer yang dapat dibawa dalam peralatan portabel dan dapat digunakan di setiap komputer tanpa perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu.

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~3:23 PM 15-Sep-20
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Jujur

       Manfaat Jujur Dalam Agama Islam     Seorang Muslim diperintahkan oleh Allah untuk menjadi jujur ​​dalam perkataan dan perbuatannya, baik secara pribadi maupun publik.Kejujuran dalam kata-kata berarti mengatakan kebenaran di segala situasi dan dalam segala situasi.     Kejujuran juga menyiratkan memenuhi janji, baik tertulis maupun yang diberikan secara lisan, dalam teks dan semangat. Kejujuran berarti memberi setiap orang hak tanggungan dan haknya tanpa meminta hak-hak ini.    Berikut manfaat jujur  dan  keutamaan jujur dalam islam yaitu :  1.Meningkatkan Kecintaan Allah SWT     Sudah sangat jelas bahwa ajaran agama islam sangat melarang umatnya untuk bersikap tidak jujur maupun berbohong. Bahkan sabda Nabi Muhammad SAW dengan tegas menyatakan perihal  kejujuran dalam islam  : فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ  "Sesungguhnya dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseora

Manfaat mencintai Al-Qur'an dan Hadits

Manfaat Mencintai Al-Qur'an Dan Hadits    Manfaat Mencintai Al-Qur’an dan Hadits     Diantara manfaat mencintai Al-Qur’an dan Hadits sebagai berikut  : a.        Akan memperoleh petunjuk yang lurus. Didalam Al-Qur’an , Q.S Al ISRA:9.Berikut do'abya: b.        Akan memperoleh bimbingan yang baik , obat penyakit hati, petunjuk rahmat dari Allah SWT, Didalam Al-Qur’an , Q.S YUSUF:57 c.         Terhindar dari kesesatan dan kecelakaan didunia dan diakhirat . Didalam Al-Qur’an , Q.S THAAHA : 123 d.        Akan memperoleh cinta dan ampunan dari Allah SWT. Didalam Al-Qur’an , Q.S ALI IMRON : 31

Situs untuk memantau kasus virus corona di DKI Jakarta beserta linknya.

DKI Jakarta DKI Jakarta menyediakan situs web yang bisa diakses masyarakat untuk memantau perkembangan kasus Cobid-19 di Ibu Kota. Situs untuk memantau kasus virus corona di DKI Jakarta bisa diakses melalui  https://corona.jakarta.go.id/data/ . Melalui situs tersebut, masyarakat bisa melihat jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), serta kasus terkonfirmasi Covid-19 serta jumlah korban meninggal dunia. Selain itu, tersedia pula peta persebaran di setiap wilayah, serta peta rumah sakit rujukan. Termasuk pula jenis kelamin, umur dan gender.